bagaimana pelaksanaan qurban di masa pandemi
Info Terkini

Bagaimana Pelaksanaan Qurban di Masa Pandemi

Hari raya idul adha yang harus diselenggarakan tak lama lagi akan berbeda dengan hari raya idul adha tahun – tahun sebelumnya sebelum pandemic covid-19 merajalela. Aturan dan ketentuan terbaru harus dilaksanakan untuk mengantisipasi menyebarnya virus covid-19. Lantas bagaimana pelaksanaan qurban di masa pandemi?

Tentunya pelaksanaan hari raya qurban di masa pandemi banyak hal yang harus diperhitungkan mulai dari bagaimana aturan sholat sampai dengan pemotongan hewan qurban. Semuanya harus dilaksanakan sesuai aturan untuk kepentingan bersama. Berikut tata cara pelaksanaannya!

Tata Cara Pelaksanaan Qurban di Masa Pandemi

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama sudah menerbitkan surat edaran yang di dalamnya berisi tentang panduan pelaksanaan qurban selama masa pandemi covid-19. Mulai dari pelaksanaan sholat idul adha.
Jika memang diselenggarakan sholat idul adha secara bersama – sama di suatu daerah, pelaksanaannya harus berjarak, semua petugas penyelenggara dan orang yang ikut sholat harus dicek suhunya dan menggunakan masker. Selain itu harus disediakan handsanitizer untuk kebutuhan ibadah semua pihak.

bagaimana pelaksanaan qurban di masa pandemi ini

Larangan untuk berkerumun juga masih diberlakukan terlebih dengan adanya mutasi virus covid-19 yang semakin merajalela seperti sekarang ini. Beberapa tempat ibadah juga ada yang tidak menyelenggarakan sholat idul adha bersama – sama untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Surat edaran yang diterbitkan juga mencakup tentang langkah – langkah mitigasi resiko dalam penjualan serta upaya penyembelihan hewan qurban. Menurut panduan tersebut, pedagang hewan qurban harus berusaha mengoptimalkan penjualan secara daring.

Jika pun ada transaksi jual beli yang dilakukan dengan bertatap muka, pedagang atau pembeli harus menerapkan physical distancing, dan harus menggunakan masker selama transaksi berlangsung. Selain aturan tentang tata cara penjualan hewan qurban, juga ada panduan tentang cara pemotongan hewannya.

Adapun mengenai tata cara pemotongan hewan qurban di masa pandemi yang harus diperhatikan seluruh petugas sebagai berikut :

bagaimana pelaksanaan qurban di masa pandemi

Setiap petugas yang bertugas dalam pemotongan hewan qurban harus dikelompokkan sesuai dengan tugasnya masing – masing
Setiap petugas dan semua orang yang ada pada area pemotongan harus mematuhi syarat menggunakan masker, menggunakan face shield, menyediakan hand sanitizer dan sudah melalui proses pengecekan suhu
Melakukan pembatasan pengunjung dan pembatasan panitia pada area yang akan diberlakukan pemotongan hewan qurban
Petugas harus jaga jarak dalam pelaksanaan tugas pemotongan hewan
Tempat pemotongan hewan dihimbau dalam menghindari penggunaan kipas angin dalam upaya mengurangi potensi penyebaran percikan air liur atau droplet yang di dalamnya berisi virus
Sanitasi harus diterapkan secara aman
Pembersihan desinfeksi diperlukan terhadap berbagai macam peralatan yang akan digunakan untuk proses pemotongan hewan qurban
Fasilitas cuci tangan harus disediakan mulai dari sabun sampai dengan air yang mengalir
Membersihkan area pemotongan setelah selesai proses pemotongan sampai dengan pembagian hewan qurban
Pembagian hewan qurban bisa diberikan ke rumah – rumah warga secara langsung agar tidak terjadi kerumunan
Petugas dan semua orang yang terlibat harus membersihkan badan dan pakaian setelah selesai pelaksanaan pemotongan hewan qurban

Itulah berbagai hal yang berkaitan dengan prosedur sholat idul adha dan juga proses pemotongan hewan qurban. Semoga informasi yang telah disampaikan di atas mengenai bagaimana pelaksanaan qurban di masa pandemi menjadi salah satu informasi yang bermanfaat. Stay safe, dan jaga selalu kesehatan Anda dimana pun Anda berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *