mana yang lebih utama sedekah atau qurban dulu
Info Terkini

Mana yang Lebih Utama, Sedekah atau Qurban?

Pada masing – masing agama kita mengenal istilah ibadah dan pengorbanan yang tidak bisa tergantikan dengan ibadah lainnya. Dalam agama Islam, pengorbanan yang diperlukan untuk Allah SWT selain melaksanakan sholat adalah berqurban.

Ada juga sedekah yang juga menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk mensterilkan hartanya. Lantas yang selama ini kerap menjadi pertanyaan adalah mana yang lebih utama, sedekah atau qurban? Nah, mengenai hal tersebut pada kesempatan kali ini kami akan berikan penjelasannya untuk Anda. Let’s check these out!

Mana yang Lebih Utama, Sedekah atau Qurban?

Para ulama di antaranya Imam Ahmad menyatakan bahwa mana yang lebih utama, sedekah atau qurban? Beliau mengatakan bahwa menyembelih qurban lebih utama. Hal ini sesuai dengan beberapa firman Allah dalam Al-Qur’an di antaranya :
Qs. Al-Kautsar : 2 yang artinya ‘Maka shalatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah’
Qs. Al-An’am : 162 berbunyi ‘Katakanlah, “Sesungguhnya shalatku, penyembelihanku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”

mana yang lebih utama sedekah atau qurban

Ada beberapa hal yang menjadi landasan sekaligus alasan mengapa meskipun sedekah merupakan ibadah yang sangat baik karena memberikan hasil usaha kita untuk Allah SWT, masih lebih baik ibadah qurban. Beberapa alasan tersebut di antaranya :

Qurban adalah ibadah khusus

Jika sedekah bisa dilakukan kapan saja, maka qurban merupakan suatu ibadah khusus yang hanya diperintahkan dilakukan di waktu khusus juga. Ibadah qurban hanya bisa dilakukan satu kali saja dalam satu tahun. Waktunya ditetapkan hanya pada 10 dzulhijjah saja.

Oleh karena ditentukan pelaksanaannya hanya di waktu tertentu, maka ibadah khusus ini merupakan ibadah spesial. Sebagaimana hukum dunia bahwa sesuatu yang spesial itu terbaik maka ibadah qurban yang pelaksanaannya juga hanya di waktu tertentu menjadi sebuah ibadah yang paling utama dikerjakan.

Sementara sedekah atau menyantuni orang – orang yang membutuhkan waktunya sangat longgar dan bisa dilakukan kapan saja. Qurban juga menjadi sebuah ibadah yang sangat disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Bahkan Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan ibadah qurban. Seandainya ibadah qurban bukan ibadah yang utama maka Nabi Muhammad SAW akan meninggalkan qurban dan menggantinya dengan sedekah, akan tetapi nabi tidak melakukan hal yang demikian karena memang ibadah qurban adalah ibadah yang utama dikerjakan.

Kisah qurban di masa Nabi Muhammad SAW

Suatu hari di zaman nabi, kaum muslimin tertimpa paceklik dan beberapa saat setelahnya hari raya qurban tiba. Nabi tidak memerintahkan kaum muslimin pada masa itu untuk bersedekah dengan harga qurban, melainkan Nabi Muhammad SAW lebih memilih agar kaum muslimin berqurban kemudian membagikan dagingnya kepada orang yang membutuhkan sehingga dengan demikian semua orang bisa merasakan nikmatnya daging qurban.

mana yang lebih utama sedekah atau qurban

Hukum qurban

Hukum qurban bagi umat muslim adalah sunnah kafiyah atau sunnah yang dianjurkan. Sebagian ulama mengatakan bahwa sunnah kafiyah atau sunnah yang dianjurkan mengindikasikan keutamaan berqurban yang merupakan ibadah wajib bagi yang mampu.

Sementara sedekah adalah ibadah sunnah yang bisa dilakukan kapan saja dan semampunya. Tidak ada aturan terkait batas minimal sedekah.

Jadi pastikan jika memang Anda memiliki dana untuk berqurban, gunakanlah untuk berqurban di hari idul adha. Kemudian untuk bersedekah, Anda bisa melakukannya di lain harinya. Karena jika Anda meninggalkan kesempatan berqurban untuk bersedekah, Anda akan kehilangan pahala berqurban.

Sementara jika untuk bersedekah masih bisa dilakukan di lain hari karena kapanpun bisa Anda lakukan yang mana waktunya lebih longgar. Jadi itulah penjelasan mana yang lebih utama, sedekah atau qurban. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan dan menginspirasi kita semua untuk berbuat lebih baik dalam beribadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *