Back-up Database backup restore
Info Terkini

Pilih Tempat Back-up Database, Berikut 7 Cara Terbaik dan Aman untuk Simpan Data

Menyimpan banyak file tentang pekerjaan atau data yang penting, mengharuskan Anda menyimpan data atau file tersebut dengan aman. Hal itu dilakukan untuk mencegah kehilangan dan memudahkan Anda saat mencari data atau file penting pada perangkat keras seperti komputer. Namun bagaimana memilih tempat back-up database yang aman? Berikut, simak 7 cara terbaik dan aman untuk simpan data.

Cara Tepat dan Aman untuk Menyimpan Database

1. Simpan ke External Hard Drive atau Hard Disk

Pilihan terbaik pertama untuk melakukan penyimpanan data atau file yaitu pada External Hard Drive atau Hard Disk. Ukuran atau bentuknya yang kecil tersebut memudahkan Anda dalam membawa kemanapun Anda pergi. Selain itu juga cara memindahkannya yang lebih mudah. Tapi kekurangannya yaitu pada kabel USB. Karena Hard disknya akan tersambung jika melalui kabel tersebut.

Back-up Database

2. Simpan ke Flash Disk

Alat yang satu ini juga berfungsi untuk menyimpan file atau data dari komputer atau perangkat keras lainnya. Dengan memiliki bentuk yang kecil, alat penyimpanan yang satu ini juga memiliki kapasitas yang terbatas tidak seperti pada Hard Drive. Tapi jika dilihat dari segi harga, harga Flash Disk lebih terjangkau daripada Hard Disk. Namun kekurangan dari alat tersebut ialah rentan terhadap serangan virus.

3. Burning File ke dalam CD atau DVD

Alat yang satu ini berbentuk cakram bundar yang juga berfungsi sebagai menyimpan file, data, foto, video dan lain sebagainya. Cara yang satu ini sudah mulai langka dan mulai ditinggalakan karena tingkat efisiensi waktunya. Anda harus bersabar dalam menunggu ketika memindahkan data ke CD,DVD R, atau DVD RW. Meski memakan banyak waktu, penggunaan CD menjadi alternatif tempat back-up database yang lebih aman dan jarang terjadi drive failure.

4. Simpan Menggunakan NAS (Network Attached Storage)

Tempat penyimpanana yang aman berikutnya ialah menggunakan NAS Drive. Penggunaan server tersebut akan memudahkan Anda dalam melayani kebutuhan back-up data dan juga share data. Anda juga bisa menyetelnya secara langsung secara otomatis memback-up file atau data. Meski terkesan aman, tapi juga memiliki kemungkinan lemah terhadap drive failure.

5. Simpan Melalui Cloud Drive

Cloud Drive merupakan salah satu server yang juga berguna untuk melakukan penyimpanan data. Terdapat empat basis layanan Cloud Drive terbesar di internet yaitu One drive, Google drive,icloud dan juga Dropbox yang bisa untuk memindahkan data secara gratis namun dibutuhkan koneksi internet. Data Anda juga bisa diakses melalui device apapun dan juga memiliki proteksi yang cukup aman. Perhatikan juga kapasitas batas penyimpanannya.

Back-up Database

6. Pindahkan ke Service Lainnya di Internet

Anda juga bisa mencari dan menyimpan data dengan layanan back-up file di Internet. Ada beberapa situs populer tempat penyimpanan data yang ditawarkan diberbagai internet. Namun Anda juga harus melakukan pembayaran setiap bulannya jika menggunakan situs server tersebut. Kelemahannya juga terletak pada jangka waktu perusahaan yang bisa saja mengalami kebangkrutan, sehingga data Anda dipastikan bisa hilang.

7. Ingat! Jangan Back-Up di Satu Tempat

Hal yang satu ini merupakan cara yang tepat dan aman dalam menyimpan file dan data penting Anda. Jangan terpaku menyimpan file hanya pada satu tempat saja. Pastikan jika Anda menyimpannya atau memback-up datanya pada berbagai tempat. Anda bisa mengkombinasi dua metode atau lebih seperti menyimpannya secara offline dan juga secara online. Alternatif metode tersebut sangat aman untuk mencegah kehilangan data.

Nah, itu tadi beberapa metode atau cara yang tepat untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya kehilangan data penting. Pastikan jika Anda juga menyimpan file penting secara online dan offline. Semoga informasi singkat di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda mengenai Back-up database dan juga tempat penyimpanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *