Info Terkini

Syarat dan Kriteria Hewan Qurban

Sesuatu yang akan diberikan atau dipersembahkan kepada Allah tentu harus sesuatu dengan kondisi yang baik dan terbaik. Oleh sebab itu, mengenai hewan qurban di sini kita akan membahas syarat dan kriteria hewan qurban yang terbaik untuk dipersembahkan di hari raya qurban itu seperti apa.
Islam memiliki syarat dan kriteria tersendiri mengenai hewan yang layak dijadikan hewan qurban. Bagi Anda yang ingin tahu karena akan melaksanakan ibadah qurban yang tak lama lagi, berikut informasi penting yang Anda harus simak!
Syarat dan Kriteria Hewan Qurban
Berbeda dengan aktivitas penyembelihan biasa yang tidak terikat dengan syarat tertentu, penyembelihan hewan qurban dan pemilihan hewan untuk diqurbankan memiliki syarat dan kriteria tersendiri.
Adapun beberapa syarat dan kriteria hewan qurban terdiri atas :
Jenis hewan qurban
Hewan yang akan dijadikan hewan qurban harus binatang ternak. Beberapa hewan yang dimaksud seperti unta, sapi, kambing serta domba yang bisa dijadikan pilihan hewan qurban. Sementara hewan lain seperti ayam atau burung tidak boleh dijadikan hewan qurban meskipun sama – sama hewan ternak.
Usia hewan qurban memenuhi syarat
Hewan qurban yang akan disembelih harus memenuhi usia minimal yang ditentukan oleh syariat. Usia hewan qurban yang boleh dijadikan sebagai persembahan yaitu dengan kriteria sebagai berikut :
Unta minimal berusia 5 tahun dan telah memasuki tahun ke-6 ketika akan diqurbankan
Sapi berusia minimal 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3 ketika akan diqurbankan
Domba berusia minimal 6 bulan – 1 tahun ketika akan diqurbankan
Kambing minimal berusia 1 tahun dan telah memasuki tahun ke-2 ketika akan diqurbankan
Hewan qurban sehat tanpa cacat
Rasulullah SAW telah merinci ada beberapa hal yang juga menjadi syarat hewan qurban yang akan diqurbankan. Salah satunya adalah tentang kondisi hewan yang akan dijadikan hewan qurban.
Hewan yang akan diqurbankan tidak boleh kurus, matanya buta sebelah atau keduanya, pincang, sakit, kurus dan tidak memiliki sumsum tulang. Oleh karena itu pastikan bahwa Anda memilih hewan kurban yang sehat dan gemuk sebagai hewan qurban dan persembahan ibadah Anda kepada Allah SWT.
Bukan hewan curian
Hewan qurban tidak sah jika didapatkan dari hasil mencuri milik orang lain. Hewan yang merupakan pemberian warisan dan hewan gadai juga termasuk hewan yang tidak boleh dijadikan hewan qurban. Jadi hewan qurban harus dibeli dengan jerih payah sendiri sebagai bukti kecintaan terhadap Allah SWT.
Penyembelihan hewan qurban
Proses penyembelihan hewan qurban harus terjadi di waktu yang telah ditentukan oleh syariat. Menurut Ibnu Rusyd dari Madzhab Maliki dan didukung oleh Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah dan lainnya penyembelihan hewan qurban dilakukan setelah shalat idul adha.
Sementara batas akhir dari penyembelihan hewan qurban adalah terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah. Sementara Madzhab Syafi’I berpendapat bahwa batas akhir dari penyembelihan hewan qurban adalah 4 hari setelah terlaksananya shalat idul adha.
Jenis kelamin hewan qurban
Banyak pertanyaan yang mempertanyakan apakah syarat hewan qurban harus jantan? Terkait hal ini secara eksplisit, tidak dijelaskan dalam suatu nash baik di Al-qur’an atau pun hadist terkait dengan pilihan dan keutamaan jenis kelamin dari hewan qurban.
Akan tetapi para ulama mengqiyaskan kasus hewan qurban dengan aqiqah. Jadi hewan qurban dianalogikan dengan hadist yang menjelaskan tentang hewan untuk aqiqah yang bisa memilih jenis kelamin jantan atau betina.
Itulah sedikit informasi untuk menambah wawasan tentang syarat dan kriteria hewan qurban. Semoga informasi di atas menjadi informasi yang menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *