Phising Data Memproteksi data pengguna ponsel gengam dari phising attack
Info Terkini

Waspada Phising Data, Kenali Lebih Jauh Ciri-Ciri Website Palsu

Kegiatan phising data atau pencurian data pribadi melalui situs online seperti website kerap kali terjadi. Namun secara tidak sadar, Anda telah memberikan informasi data pribadi tersebut seperti nomor telfon, email dan masih banyak lainnya. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui database yang original atau website yang asli dan yang palsu? Yuk kenali lebih jauh dan simak ciri-ciri website palsu berikut ini!

Apa Saja Ciri-ciri Website Palsu?

1. Cari Dulu Nama Situs Website di Mesin Pencarian

Penting dalam mengetahui ciri-ciri website yang palsu dan yang asli untuk memastikan informasi data Anda tidk disalahgunakan dalam tujuan kejahatan. Cara yang mudah untuk Anda lakukan yaitu mengetahui demhgan melakukan di sistem pencarian tentang alamat web tersebut apakah asli atau palsu. Cari tau ulasan mengenai web tersebut dengan teliti.

Phising Data web phising

2. Perhatikan Alamat Web

Penting dan teliti lagi dalam mengetahui bilah alamat website yang kamu cari. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan website memang aman dan sudah mengunakan enkripsi data untuk melindungi data privasi Anda dari para peretas. Anda bisa mengecek bilah pada bagian awal alamat web apakah alamat tersebut menggunakan https:// atau http:/. Jika alamat tersebut menggunakan https:// maka 90% bisa dikatakan alamat tersebut aman.

3. Cek Dahulu Nama Domain

Waspada phising data selanjutnya yaitu dengan mengenali ciri-ciri nama domainnya. Jika terdapat kesalahan penulisan nama domain yang digunakan, bisa dipastikan alamat web tersebut palsu atau tidak orisinal. Cara yang mudah yaitu seperti contoh berikut, nama domain Yahoo yang menggunakan huruf o dan bukan angka nol seperti Yah00. Hal itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui hal sedetail itu.

4. Perhatikan Tata Tulis dan Bahasanya

Untuk mengenali ciri-ciri database website original atau palsu, sebaiknya perhatikan juga tata tulis dan penggunaan bahasadan juga ejaannya. Apabila tata bahasa, kalimat, kapitalisasi dan ejaan lainnya tepat dan tidak menunjukkan kesalahan dalam segi penulisan maka bisa dipastikan jika web tersebut memang dibuat dengan tujuan yang serius dan profesionalitas.

Phising Data

5. Terdapat Informasi Kontak dalam Web

Cara mudah mengetahui website tersebut asli atau bukan, Anda bisa mencoba melihat laman pada website tersebut apakah terdapat kontak yang bisa dihubungi atau tidak. Untuk memastikan database atau web tersebut memang benar orisinal dan bukan demi menghindari pencurian data pribadi, maka coba hubungi dulu nomor, kontak atau email tersebut.

6. Terlalu Banyak Iklan atau Layanan Promosi

Para peretas akan memanfaatkan web tersebut sebagai ajang media promosi yang terkadang berlebihan dan tidak masuk akal. Atau terdapat pula kuis untuk membuka laman web berikutnya atau mendapat keuntungan lainnya dengan cara Anda mengikuti petunjuk dan arahannya. Jadi, jika terdapat penawaran atau pemberian hadiah, demi keamanan dan privasi sebisa mungkin hindari memberikan informasi data pribadi Anda.

7. Gunakan Antivirus Untuk Memindai

Meski memang dianggap sebagai hal yang wajar jika terdapat iklan atau pop up yang muncul pada website, namun hal itu juga bisa menjadi pemicu awal masalah pencurin data Anda. Untuk menghindari masalah tersebut, selalu berikan keamanan untuk perangkat lunak Anda dengan melakukan pemindaian virus. Dan jangan lupa untuk selalu memperbaruinya.
Nah, itu tadi sedikit paparan yang bisa dijelaskan untuk mengetahui lebih awal ciri-ciri dari website yang tidak original. Untuk itu pastikan selalu mengecek dengan teliti sebelum menggunkan laman web tersebut untuk menghindari pencurian informasi data pribadi Anda. Semoga Artikel di atas bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan seputar database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *